Literasi Qur’ani dalam Aksi: KTIQ Warnai MTQ XXXII Kabupaten Sambas


Educationnew.id-Tekarang, Sambas — Cabang Karya Tulis Ilmiah Qur’an (KTIQ) menjadi salah satu cabang yang paling mencuri perhatian dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXXII Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 2025 yang digelar di Kecamatan Tekarang. Cabang ini menghadirkan paduan antara nalar ilmiah dan nilai-nilai suci Al-Qur’an yang diwujudkan dalam bentuk tulisan populer-reflektif oleh para peserta dari berbagai kecamatan.

Kegiatan KTIQ dilaksanakan di Ruang Laboratorium SMAN 1 Tekarang, yang disulap menjadi ruang literasi Qur’ani, tempat peserta menulis karya ilmiah secara intensif dan terfokus. Lomba terbagi ke dalam dua babak:

Babak Penyisihan: 1 dan 3 Juli 2025

Babak Final: 5 Juli 2025

Tema utama yang diangkat tahun ini adalah Ketahanan Keluarga dan Transformasi Digital. Peserta diminta menulis esai sepanjang 10–15 halaman dalam waktu 9 jam, dengan menggunakan laptop/komputer yang disiapkan panitia, tanpa akses internet. Tulisan harus bersifat ilmiah populer, reflektif, dan relevan dengan nilai-nilai Al-Qur’an.

Dewan hakim dalam cabang ini terdiri dari para akademisi dan praktisi yang berkompeten, yaitu:

Ketua Dewan Hakim: Ilham

Anggota: Mursidin, Suriyadi, Budi Iswanto dan Hidayat

“KTIQ adalah ruang intelektual Qur’ani. Peserta tidak hanya diuji kemampuan menulis, tetapi juga mengintegrasikan nilai ilahiah ke dalam pemikiran yang solutif dan kontekstual,” ujar Ilham, Ketua Dewan Hakim.

Dari babak penyisihan, akan dipilih empat peserta terbaik putra dan empat peserta terbaik putri. Para finalis ini akan mempresentasikan hasil karyanya pada babak final, dengan waktu 20 menit per orang, termasuk sesi tanya jawab.



Kehadiran cabang KTIQ dalam MTQ ini menjadi bukti bahwa kecintaan terhadap Al-Qur’an tidak hanya diwujudkan lewat tilawah dan hafalan, tetapi juga melalui pena dan pemikiran yang mendalam. Diharapkan dari lomba ini akan lahir generasi Qur’ani yang intelektual, solutif, dan mampu menjawab tantangan zaman.( En ) 



0/Post a Comment/Comments